Saturday, December 14, 2013

Kepuasan Nasabah Bank di Indonesia Paling Tinggi di Asia Tenggara

Kepuasan Pelanggan
Sebuah laporan baru dari IDC, yang disponsori oleh SAP, menyarankan bahwa ada cara sederhana bagi bank  untuk memperoleh pendapatan yang besar, yaitu membuat nasabah puas. Bank-bank di Indonesia terdepan dalam hal ini. Survei memperlihatkan bahwa Indonesia mencatatkan nilai tertinggi pada tingkat kepuasan para nasabah bank di setiap pasar di Asia Tenggara.
“Di seluruh Indonesia, pertumbuhan ekonomi, perubahan demografi, makin besarnya kalangan kelas menengah, dan urbanisasi yang cepat, merupakan kekuatan yang besar yang menciptakan peluang-peluang baru bagi bank dengan kepemimpinan terdepan. Bank-bank yang paling sukses pada dekade ini adalah bank yang mengunakan teknologi untuk mengoptimalkan pengalaman nasabah dan menciptakan banyak nasabah yang puas melalui multi channel  perbankan, penggunaan Cloud, dan analisis big data yang real-time,” ujar Andrew Pitcher, Senior Vice President and General Manager for Financial Services Industries at SAP Asia Pacific Japan.
Ada tiga temuan paling penting pada perbankan di Indonesia dari riset ini. Pertama,  Indonesia mendapatkan nilai kepuasan tertinggi di Asia Tenggara dan kedua tertinggi pada kawasan Asia Pasifik. Kedua, sekitar 43% responden Indonesia melaporkan bahwa ATM merupakan channel perbankan yang paling nyaman. Angka ini jauh lebih tinggi daripada kawasan lain yang disurvai dan kemungkinan disebabkan oleh tingginya investasi yang dibuat oleh bank untuk mendirikan infrastruktur kantor-kantor cabang pada daerah pinggiran kota di Indonesia.  Ketiga, 10 persen dari responden Indonesia berkata bahwa lokasi fisik bank masih.
“Industri perbankan di kawasan Asia Pasifik sedang mengalami perubahan signifikan sejalan dengan meningkatnya kompetisi. Nasabah Gen Y mengadopsi perbankan, dan masyarakat beralih pada perangkat-perangkat baru. Setelah krisis panjang yang memperlihatkan bahwa industri finansial secara ekstrim memfokuskan  pada manajemen resiko dan compliance, bank-bank sekali lagi siap untuk berfokus pada nasabah,” ujar Michael Araneta, Director of Research and Consulting at IDC Financial Insights.